Arti Kata "kepala" Menurut KBBI

Arti kata, ejaan, dan contoh penggunaan kata "kepala" menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Berikut ini makna dan tulisan kata kepala yang benar:

ke·pa·la n 1 bagian tubuh yg di atas leher (pd manusia dan beberapa jenis hewan merupakan tempat otak, pusat jaringan saraf, dan beberapa pusat indra): mayat wanita itu ditemukan tanpa --; 2 bagian tubuh yg di atas leher tempat tumbuhnya rambut: -- nya botak; 3 ki bagian suatu benda yg sebelah atas (ujung, depan, dsb): -- tongkat; 4 ki bagian yg terutama (yg penting, yg pokok, dsb): -- lakon; 5 ki pemimpin; ketua (kantor, pekerjaan, perkumpulan, dsb): -- pasukan; 6 ki otak (pikiran, akal, budi): jika kita masih punya -- , kita harus diberi jatah satu kilogram gula;
diberi -- hendak bahu, pb
diberi sedikit lalu minta banyak; tak tentu -- ekornya, pb tak tentu ujung pangkalnya; -- sama hitam (berbulu), pendapat berlain-lain, pb tiap orang berlain-lain pendapatnya; sakit -- panjang rambut, patah selera banyak makan, pb lahirnya tidak suka, tetapi sebenarnya suka sekali; -- air ujung atau permulaan banjir (yg paling depan); lidah air; -- angin cak bodoh; tidak berakal; -- bagian kepala (pemimpin) pd suatu bagian pekerjaan di suatu kantor atau jawatan; -- bahu bagian bahu yg menyembul; -- batu ki tidak mau menuruti nasihat orang; tegar hati; keras kepala; -- berat ki tumpul pikiran; tidak cepat menangkap (pelajaran dsb); sukar untuk mengerti; agak bodoh; -- busung Dok kepala menjadi lebih besar dp ukuran biasa krn zat cair terkumpul dl rongga-rongga otak; hydrocephalus; -- daerah orang yg mengepalai suatu daerah (msl gubernur untuk daerah tingkat I dan bupati untuk daerah tingkat II); -- desa orang yg mengepalai desa; lurah; -- dingin ki tenang dan sabar; -- dua memihak ke sana sini (tidak hanya kpd satu pihak); -- kain bagian kain yg coraknya (raginya) lain dr corak keseluruhannya; -- kampung orang yg mengepalai kampung; -- karangan kata atau gabungan kata atau frasa yg tercantum di atas sebuah karangan (artikel) yg menyatakan suatu hal yg dibicarakan dl karangan; judul (karangan); -- keluarga orang yg bertanggung jawab thd suatu keluarga (biasanya bapak); -- kereta api lokomotif; -- kodi kain yg diletakkan paling atas pd ikatan kain (biasanya yg bercorak paling baik yg dianggap sbg contoh); -- lakon pemeran utama (pemegang peranan penting) dl sebuah lakon (sandiwara, film, dsb); -- negara orang yg mengepalai suatu negara (kerajaan); -- negeri 1 ibu negeri (kota); 2 orang yg mengepalai suatu negeri; -- pasukan komandan pasukan; -- payung bagian payung yg paling atas; puncak payung; -- pulau bagian pulau yg tertinggi; puncak pulau; -- putik Bot bagian putik yg berfungsi menerima serbuk sari pd proses penyerbukan; -- raja ark perangko (dahulu bergambar kepala raja atau ratu); -- sari Bot bagian benang sari yg terdapat di ujung tangkai sari dan merupakan tabung yg menghasilkan serbuk sari; -- sarung bagian sarung yg coraknya berbeda dng bagian yg lain; -- sekolah orang (guru) yg memimpin suatu sekolah; guru kepala; -- stasiun orang yg mengepalai stasiun; sep stasiun; -- suku orang yg menjadi pemimpin (raja) suatu suku; -- surat nama, alamat, dan keterangan lain dr pengirim (biasanya dr suatu lembaga atau kantor) yg tertera (tercetak) pd bagian atas kertas surat; kop surat; -- susu lemak kental yg berada pd permukaan air susu; rum; -- tahun permulaan tahun; -- tongkat tempat pegangan tongkat; hulu tongkat; -- udang ki bodoh; tolol; -- waris kepala semua ahli waris; -- wilayah penguasa tunggal di bidang pemerintahan dl suatu wilayah, dl arti memimpin pemerintahan, mengoordinasi pembangunan, dan membina kehidupan masyarakat di segala bidang; -- zakar ujung zakar;
ke·pa·la-ke·pa·la·an n barang berbentuk kepala, spt pd perahu kolek;
ber·ke·pa·la v mempunyai kepala; ada kepalanya;
~ dua ki tidak dapat dipercaya; ~ tegak keras kepala;
me·nge·pa·lai v memimpin; mengetuai: beliau ~ bagian administrasi;
me·nge·pa·la·kan v 1 menganggap sbg kepala (pemimpin); menjadikan kepala (pemimpin): orang kampung itu ~ ayah saya; 2 kl mengendarai (mengemudikan): ~ gajah

Bantuan Penjelasan Simbol
a Adjektiva, Merupakan Bentuk Kata Sifat
v Verba, Merupakan Bentuk Kata Kerja
n Merupakan Bentuk Kata benda
ki Merupakan Bentuk Kata kiasan
pron kata yang meliputi kata ganti, kata tunjuk, atau kata tanya
cak Bentuk kata percakapan (tidak baku)
ark Arkais, Bentuk kata yang tidak lazim digunakan
adv Adverbia, kata yang menjelaskan verba, adjektiva, adverbia lain
-- Pengganti kata "kepala"

Kosakata Populer

Sedang Dilihat

Informasi Tentang Situs KBBI.co.id

KBBI.co.id Merupakan situs penyedia data mengenai arti kata atau istilah dan cara pengejaannya beserta contoh kalimat yang disadur dari "Kamus Besar Bahasa Indonesia" atau yang biasa disingkat dengan KBBI. Tidak seperti beberapa situs web yang sama, kami mencoba untuk menyediakan berbagai fitur lain, seperti kecepatan akses, menampilkan dengan berbagai membedakan warna untuk jenis kata, tampilan yang tepat untuk semua web browser kedua komputer desktop, laptop dan ponsel pintar dan seterusnya. Fitur lengkap dapat dibaca di bagian fitur Online KBBI.

Arti kata seperti kata kepala di atas ditampilkan dalam warna yang membuatnya mudah untuk mencari entri dan sub-tema. Berikut adalah beberapa penjelasan:

  • Jenis kata atau Deskripsi istilah-istilah seperti n (kata benda), v (kata kerja) dalam merah muda (pink) dengan menggarisbawahi titik.
  • Arahkan mouse untuk melihat informasi (tidak semuanya telah dijelaskan)
  • Makna 1, 2, 3 dan seterusnya ditandai dalam huruf tebal dengan latar belakang lingkaran
  • Contoh penggunaan entri / sub entri yang ditandai dengan warna biru
  • Contoh dalam Amsal ditandai di orange
  • Ketika mengeklik hasil dari "Loading" daftar, hasil yang sesuai dengan kata Cari akan ditandai dengan latar belakang kuning
  • Menampilkan hasil yang baik dalam kata-kata dasar dan derivatif, dan makna dan definisi akan ditampilkan tanpa harus kembali men-download data dari server

Link (cukup Permalink / Link) indah dan mudah diingat untuk definisi kata, misalnya:

Sehingga link ini diharapkan dapat digunakan sebagai referensi dalam menulis, baik pada jaringan dan di luar jaringan.
Aplikasi dikembangkan dengan konsep desain responsif, berarti bahwa penampilan website (situs) dari KBBI akan cocok di berbagai media, seperti smartphones (Tablet pc, iPad, iPhone, Tab), termasuk komputer dan netbook / laptop. Tampilan web akan menyesuaikan dengan ukuran layar yang digunakan.
Kata-kata tambahan baru di luar KBBI edisi III
Menulis singkatan di bagian definisi seperti: yang, dengan, dl, tt, dp, dr dan lain-lain ditulis secara penuh, tidak seperti yang ditemukan di KBBI PusatBahasa.
✔ Informasi tambahan
Tidak semua hasil pencarian, terutama jika kata yang dicari terdiri dari 2 atau 3 surat, semua akan ditampilkan. Jika hasil pencarian dari "Loading" daftar sangat besar, hasil yang dapat langsung diklik pada akan terbatas jumlahnya. Selain itu, untuk beberapa kata pencarian, sistem akan hanya mencari kata-kata yang terdiri dari 4 huruf atau lebih. Misalnya apa yang dicari adalah "water, minyak, dissolve", sehingga hasil pencarian yang akan ditampilkan adalah minyak dan membubarkan hanya.

Untuk beberapa kata pencarian dapat dilakukan dengan memisahkan setiap kata dengan tanda koma, misalnya: mengajar, program, komputer (untuk menemukan kata-kata pengajaran, program dan komputer). Jika ditemukan, hasil utama akan ditampilkan dalam "base words" kolom dan hasil dalam bentuk kata-kata turunan akan ditampilkan dalam "Loading" kolom. Ini banyak kata pencarian akan hanya mencari kata-kata dengan minimal 4 Surat panjang, jika sebuah kata yang 2 atau 3 Surat panjang, kata akan diabaikan.

Semua data arti kata yang terdapat di website ini merupakan hak cipta dari situs resmi KBBI yang beralamat di http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi/.

Jika anda menemukan padanan kata atau arti kata yang menurut anda tidak sesuai atau tidak benar, maka anda dapat menghubungi ke pihak Badan Bahasa KEMDIKBUD untuk memberikan kritik atau saran

Berikut adalah informasi kontak dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan:
Jalan Daksinapati Barat IV, Rawamangun, Jakarta Timur.
Telepon (021) 4706287, 4706288, 4896558, 4894546.
Faksimile (021) 4750407
Email: [email protected]

Kosakata Populer

Sedang Dilihat